Jeratan Lockstitch

Jeratan Lockstitch adalah jenis jeratan pada proses penjahitan/pembuatan pakaian yang paling banyak digunakan. Jenis jeratan ini paling banyak digunakan pada mesin garmen baik mesin garmen yang digunakan skala industry ataupun mesin jahit rumahan. Lockstitch terdiri dari 2 suku kata yaitu “lock” yang artinya kunci dan “Stitch” yang artinya jeratan, jadi lockstitch dapat diartikan sebagai bentuk jeratan untuk menjahit bahan/kain dengan karakteristik mengunci atau tidak mudah diurai.


Sumber: researchgate.net
Ilustrasi Jeratan Lockstitch

Jeratan kunci termasuk jenis jeratan yang membutuhkan 2 jenis benang dalam proses pembentukannya yaitu benang atas yang dibawa oleh jarum dan benang bawah yang dibawa oleh bobbin/sekoci. Adanya bobbin/sekoci ini, menjadi karakteristik tersendiri dalam mengidentifikasi mesin-mesin jahit yang beragam merk-nya karena jika suatu mesin jahit baik yang sederhana maupun yang mengadopsi teknologi paling canggih apabila terdapat sekoci/bobbin, maka mesin dapat dipastikan karakteristik jeratannya adalah lockstitch. Umumnya 1 jenis mesin garmen hanya dapat mengaplikasikan 1 jenis jeratan.

Jeratan lockstitch dikenal juga sebagai “interlacing” karena “inter” yaitu jeratan dibentuk oleh 2 benang atau lebih dan “lacing” yang merujuk melekat atau susah terurai. Karakteristik tidak mudah terurai ini karena simpul jeratan antara 2 benang terbentuk pada posisi ditengah-tengah kain sehingga ada gaya jepit atau friksi yang mendukung kekuatan simpul jeratan sehingga jeratan lebih kuat tetapi kelemahannya adalah jeratan menjadi kaku atau kurang feksible. Hal inilah yang menyebabkan jeratan lockstitch cocok digunakan untuk menggabungkan material bahan tenunan yang memang secara sifat bahan memiliki stabilitas dimensi tinggi dan jeratan ini cenderung jarang digunakan untuk menggabungkan kain rajut yang sifat bahannya flexible/stretch kecuali untuk pakaian rajut pada bagian tertentu misalkan bagian saku yang memang membutuhkan jeratan yang kuat menahan beban dan stabil. Kelebihan lain dari jeratan ini, simpul jeratan yang terberbentuk di tengah bahan menghasilkan konsumsi benang berimbang antara benang atas dan bawah serta bentuk geometri jeratan yang sederhana menjadikan jeratan lockstitch hemat dalam penggunaan benang.

Tinggalkan Balasan