MENGENAL TECH PACK

Tech pack dan test pack, dua istilah hampir sama tetapi maknanya jauh berbeda. Tech pack adalah istilah garmen sedangkan test pack adalah istilah kesehatan atau tepatnya alat uji kehamilan. Bagaimana jauh kan artinya? Jadi jangan sampai salah tulis lagi ya, berikut adalah gambar test pack untuk lebih detailnya.

Tech pack adalah istilah lumrah di industri garmen, bisa diistilahkan sebagai suatu dokumen yang berisi blue print suatu style pakaian. Jika dianalogikan dalam suatu perencanaan bangunan, tech pack bisa disamakan dengan gambar teknik bagunan yang dibuat secara detail agar bagunan yang dibangun sesuai keinginan. Tech pack mencakup jenis spesifikasi desain, material bahan, ukuran, aksesoris, teknik pembuatan, dan ketentuan suplayer. Semua informasi detail mengenai style pakaian, dibuat dalam bentuk tech pack untuk mengurangi terjadinya error akibat salah interpletasi dari pabrik pembuat dan menjaga kualitas produk garmen. Terjadinya error dalam pembuatan suatu produk garmen biarpun biayanya terbilang kecil, tetapi jika melihat volume produksi garmen yang besar apabila ditotal bisa menimbulkan kerugian yang besar pula pada akhirnya sehingga untuk perusahaan garmen, tech pack sudah menjadi suatu standar yang harus dipenuhi.

Isi dokumen tech pack secara umum terdiri dari gambar detail desain pakaian dan spreadssheet yang biasa digunakan di excel.

2 Comments

Tinggalkan Balasan