Mengenal Proses Pemotongan Bahan 2

artikel sebelumnya : Mengenal Proses Pemotongan Bahan 1

4. Cutting

ilustrasi proses pemotongan bahan

Cutting atau pemotongan merupakan proses membuat komponen-komponen pakaian dari bahan baku kain. Proses pemotongan dilakukan pada meja potong dengan permukaan yang rata, marker yang sudah ditempatkan diatas permukaan kain yang di-spreading, alat potong, alat pengamanan diri (APD), dan pencahayaan yang memadai. Cara pemotongan dapat dilakukan dengan cara manual menggunakan tangan atau menggunakan mesin pemotong otomatis. Perkembangan pemotongan bahan (cutting) pada dasarnya adalah dalam tujuan untuk meningkatkan presisi (keakuratan) hasil pemotongan sehingga meminimalkan kesalahan, meningkatkan kecepatan proses pemotongan, dan efisiensi biaya yang dikeluarkan dalam proses ini.

5. Numbering

ilustrasi numbering

Numbering atau disebut juga penomoran adalah tahap pemberian keterangan pada setiap lembar komponen hasil pemotongan untuk memudahkan proses penggabungan komponen di bagian penjahitan. Keterangan yang dibubuhkan sedikitnya berisi kode style pesanan dan ukuran. Pembubuhan keterangan pada setiap lembaran komponen ini akan memudahkan untuk bagian sewing (penjahitan) karena pesanan garmen yang dikerjakan banyak, numbering ini untuk menghindari terjadinya kesalahan penggabungan komponen. Pada proses ini juga dilakukan perhitungan jumlah lembar komponen dalam setiap kelompok hasil pemotongan sekaligus pengecekan cacat pada setiap lembar komponen. Penemuan cacat lembar komponen pada tahap ini membantu menemukan jumlah lembar komponen yang hilang sehingga dapat dilakukan proses pemotongan ulang untuk melengkapi kekurangan komponen tersebut.

6. Bundling

ilustrasi bundle lembaran komponen hasil pemotongan

Mem-bundel, mengikat, dan mengelompokkan ; bisa dikatakan persamaan dari istilah bundling. Tahap ini adalah kelanjutan setelah pemotongan, bisa sebelum atau sesudah proses numbering, yang mana tujuannya untuk menjaga terjadinya kehilangan lembaran komponen. Dalam prosesnya, pengikatan adalah cara untuk menjaga lembaran komponen tetap pada kelompoknya. Bundling ini bisa dikatakan juga sebagai cara untuk mengamankan lembaran komponen sebelum masuk ke tahap selanjutnya (perpindahan tempat) atau mengamankan lembaran komponen bilamana diperlukan penyimpanan sementara (waktu tunggu proses).

Tinggalkan Balasan