SEKILAS TEKNIK PENCELUPAN BAHAN TEKSTIL

Pencelupan atau pemberian warna dapat dilakukan pada berbagai bentuk bahan. Bahan yang dimaksud adalah bahan tekstil yang mana mencakup serat, benang, kain dan garmen. teknik pencelupan yang dibahas biasa diterapkan di skala industri dan rumahan.

baca juga : Tahapan Reaksi Pencelupan

1. Pencelupan Serat (Fiber Dye)
ilustrasi pencelupan serat alam

Pencelupan serat adalah pemberian warna pada bahan yang bentuknya masih serat. Teknik pencelupan terbagi atas pencelupan serat buatan dan pencelupan serat alam. Pencelupan pada serat buatan biasanya diberikan pada waktu proses pemintalan serat buatan dengan menambahkan zat warna khusus yang tahan suhu tinggi pada waktu proses pemintalan serat buatan. Adapun pencelupan serat alam dilakukan dengan mencelup serat dalam media air dan setelah selesai dilakukan proses pengeringan.

2. Pencelupan Benang (Yarn Dye)
ilustrasi mesin cones dyeing

Pencelupan benang yaitu proses pemberian warna pada bahan dalam bentuk benang. Proses pencelupan benang dapat dilakukan pada benang yang berbentuk untaian dan berbentuk cones. Pencelupan benang dalam bentuk untaian atau disebut rope dyeing dilakukan dengan melalukan untaian benang pada larutan zat warna. Cara ini dapa di lakukan pada skala industri maupun rumahan. Sedangkan pencelupan benang dalam bentuk cones disebut juga cones dyeing dilakukan dalam skala industri. Cones-cones benang dimasukan dalam mesin celup lalu direndam dalam larutan zat warna, cones yang digunakan adalah cones khusus untuk proses pencelupan.

3. Pencelupan Kain (Fabric Dye)
ilustrasi contoh mesin pencelupan kain jet dyeing

Pencelupan kain yaitu proses pemberian warna pada bahan yang berbentuk lembaran kain. pencelupan dapat dilakukan pada jenis kain tenun dan kain rajut. Prinsip pencelupannya adalah dengan merendam kain dengan larutan zat warna yang mana teknisnya ada yang direndam dan diaduk, ada yang larutan zat warnanya disirkulasikan bersama dengan kain, dan ada juga kain yang dilakukan pada bak-bak pencelupan. Teknis pencelupan inilah yang diterapkan pada mesin-mesin pencelupan, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

4. Pencelupan Garmen (Garment Dye)
ilustrasi pencelupan garmen sebagian

Pencelupan garmen yaitu proses pemberian warna pada bahan yang berbentuk pakaian jadi. Pencelupan garmen dapat dilakukan secara keseluruhan garmen atau sebagian garmen. Umumnya pencelupan garmen banyak yang harus diperhatikan karena proses pencelupan akan berpengaruh pada kesetabilan dimensi dan pemilihan aksesoris garmen yang sesuai. Prinsip pencelupannya sama seperti pencelupan kain yaitu dengan direndam dalam larutan zat warna selanjutnya proses pengeringan.

2 Comments

Tinggalkan Balasan