MENGENAL JENIS-JENIS KAIN

Kita pergi bekerja memakai pakaian kerja, pergi berenang memakai pakaian renang dan sebagainya. Jadi setiap aktifitas keseharian erat kaitannya dengan pakaian atau garmen yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal penting yang perlu kita ketahui bahwa bahan baku yang paling utama dari pembuatan pakaian atau garmen adalah kain. Kain atau fabric biasa didefinisikan sebagai lembaran tekstil yang menjadi bahan baku utama pembuatan garmen dimana proses dibuatanya bisa dengan ditenung, dirajut, dan di press/dikempa. Jadi berdasarkan proses pembuatannya jenis kain ada 3

1. Kain Tenun

Kain yang dibuat dengan cara menyilangkan benang searah panjang kain yang biasa disebut benang lusi dengan benang searah lebar kain yang biasa disebut benang pakan. Jadi yang dinamakan kain tenun tidak bisa lepas dari istilah benang lusi dan benang pakan yang dianyam membentuk persilangan. Umumnya jenis kain ini memiliki bentuk yang stabil atau kaku sehingga biasanya digunakan untuk bahan pakaian casual atau formal seperti kemeja, jas, celana formal dan sejenisnya.

2. Kain Rajut

Kain yang dibuat dengan cara menjeratkan satu benang dengan benang yang lain. Kain rajut dapat dibuat dengan satu gulungan benang saja karena prinsipnya penjeratan. Prinsip jeratan dari kain rajut ini memberikan sifat khas kain yaitu elastis tidak kaku seperti kain tenun sehingga bahan dari kain rajut biasanya digunakan sebagai bahan baku pakaian santai seperti kaos oblong, sweater, dan sejenisnya.

3. Kain Kempa

Kain yang dibuat tanpa ditenun ataupun dijerat tetapi dengan di press atau dicetak. Jenis kain ini dibuat dari serat-serat tekstil bukan dari benang, biasanya ditambah zat kimia tertentu sehingga menjadi lembaran-lembaran kain. Karena tanpa ditenun dan dijerat jadi arat serat dalam kain tidak beraturan. Sifat kain ini kaku dan stabil dimensi bahannya tetapi kekuatan kainnya rendah sehingga tidak digunakan untuk bahan utama pakaian tetapi biasanya untuk bahan tambahan atau aksesoris seperti tas belanja dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan