MENGENAL DIMENSI WARNA

Bagaimana perbedaan film animasi kualitas 2 Dimensi dan 3 Dimensi ?
Animasi 2 Dimensi dibentuk pada media visual panjang dan lebar, sedangkan animasi 3 Dimensi dibentuk dalam media visual yang mencakup dimensi panjang, lebar, dan tinggi sehingga gambar yang dihasilkan lebih hidup dan seolah memiliki ruang.

Lalu apakah maksud dimensi warna sama dengan dimensi pada film animasi?
Istilahnya mungkin sama tetapi maksud dimensi pada warna lebih untuk menunjukan posisi atau koordinat suatu warna. Mungkin analogi yang mendekati mengenai dimensi warna adalah sama dengan posisi negara kita pada peta dunia yang terletak di koordinat 95° BT – 141° BT dan 6° LU – 11° LS. Suatu kumpulan warna juga bisa diibaratkan sebagai bola warna, tetapi posisi satu warna terhadap warna yang lain dalam bola warna tersebut tidak ditentukan dalam istilah bujur dan lintang tetapi dalam istilah hue, value, dan chroma.

1. Hue
istilah lain untuk nama warna misalnya merah, kuning, biru, orange dan lain-lain.

2. Value / Lightness
Istilah ini untuk menunjukan terang dan gelapnya warna. Tingkat yang paling terang adalah putih dan tingkat yang paling bawah adalah hitam. Misalnya hue-nya : biru , tetapi ada biru terang yang lebih cerah dan ada biru tua yang lebih hitam. Letak posisi warna ini ada pada nilai value nya.

3. Chroma / Saturation
Istilah lain untuk intensitas warna atau tingkat kemurnian warna.

Gambar diatas menunjukan bagaiman cara menunjukan koordinat suatu warna, hue sebagai area melingkar terluar bola warn, lightness arah potor vertical bol warna semakin keatas semakin putih, dan saturation arah horizontal koordinat warna.

Industri tekstil dan garmen yang mana menghasilkan produk fashion sangat erat kaitannya dengan warna. Terkadang kita tidak sadar menggunakan dimensi warna diatas, misalnya ketika membeli baju hitam, celana hitam, dan topi hitam. Secara tidak langsung kita sudah menggunakan dimensi hue saat memilih warna dari produk tersebut. Ketika kita mulai menelaah lagi lebih jauh antara warna hitam pada baju, celana, dan topi lalu mendapati perbedaan warna hitam, yang satu lebih cerah daripada yang lain, yang satu hitamnya kebiru-biruan, yang lain hitamnya lebih pekat dan sebagainya, itu secara tidak sengaja kita sudah menggunakan dimensi value/lightness dan chroma/saturation dalam mendeskripsikan suatu warna.

Tinggalkan Balasan