Bagaimana cara mengetahui kontruksi kain?

Pernahkah kita ke toko kain dan kebingungan memilih kain apa yang sesuai dengan rencana produk yang akan dibuat?

Kebingungan ini muncul biasanya karena banyaknya jenis kain di toko + beragamnya nama kain disana. Untuk orang yang awam, hal ini cukup menyulitkan sehingga ujungnya biasanya bertanya ke pihak toko untuk dipilihkan jenis kain yang sesuai untuk membuat produk yang diinginkan, mungkin bisa percaya 100% tapi terkadang timbul rasa ragu juga. Bagaimana cara sederhana untuk membantu memudahkan memilih kain yang sesuai?

Salah satu kunci dalam memilih kain adalah dengan mengetahui jenis kontruksi kain tersebut, ratusan nama merk kain dipasaran terkadang semuanya dibuat dengan kontruksi kain yang sama sehingga memiliki karakteristik dasar yang sama. Pengetahuan akan kontruksi kain ini sedikitnya membantu memberikan gambaran umum sifat kain tersebut ketika dipakai dan peruntukannya sehingga bisa membantu dalam memilih kain yang sesuai kebutuhan. Misalkan, untuk kain dengan kontruksi anyaman polos memiliki kekuatan yang lebih besar dari pada jenis anyaman lain sehingga cocok untuk produk luar atau misalnya kain dengan kontruksi anyaman satin akan lebih langsai dan mahal sehingga tidak salah memilih jenis kain lain yang kadang di-finishing supaya nampak seperti kain satin.

Contoh Luv Untuk Cek Kontruksi Kain

Cara dalam melihat kontuksi kain adalah dengan menggunakan kaca pembesar atau luv. Ada luv khusus untuk kain yang fungsinya selain untuk melihat kontruksi kain juga dapat digunakan untuk mengukur kerapatan benang dan angka loncat anyaman. Hanya saja, apabila sekedar untuk melihat jenis kontruksi (anyaman)secara sekilas, kaca pembesar biasa yang dapat membantu melihat bagaimana benang tersusun dalam kain, itu saja sudah cukup.

Alat bantu lain selain kaca pembesar yang dapat dimanfaatkan yaitu dengan rekaman atau foto menggunakan handphone yang di-zoo. Untuk kasus ini, tentunya memerlukan modal handphone yang resolusi kameranya cukup bagus ya gais. Demikian salah satu cara sederhana yang dapat digunakan untuk mengecek kontruksi kain.

Tinggalkan Balasan