MENGENAL PANTONE

DImensi Warna sebagai dasar Pantone Color Matching Systems

Pantone, sekilas jika istilah ini dilafalkan bunyinya hampir sama dengan “pantun”, tetapi keduanya berbeda makna. Pantone, pada awalanya adalah nama sebuah perusahaan percetakan dari Amerika Serikat yang mengembangkan suatu sistem penyelarasan warna (color matching system).

Dalam dunia tekstil, khususnya pada bagian pencelupan-pencapan (Dyeing-Printing), penyelarasan warna atau color matching adalah pekerjaan sangat krusial dan sulit, karena meskipun proses pencelupan tersebut dilakukan pada material bahan yang sama dan warna yang sama pula tetapi, tetap saja perbedaan arah warna antara satu sesi pencelupan dengan sesi pencelupan berikutnya selalu terjadi.

artikel terkait : Mengenal Dimensi Warna

Sistem penyelarasan warna (Color Matching System) yang dikembangkan pantone, keluarannya secara sederhana dapat dikatakan sebuah kamus warna. Kamus warna ini berbeda dengan kamus kata. Kamus kata dari segi penulisan dan penggandaan (reproduksi) relatif mudah. Sedangkan membuat kamus warna tingkat kesulitannya lebih tinggi, setidaknya bisa ditinjau dari 2 hal:

1. Perlu kesamaan setiap warna yang tercantum pada kamus pada setiap edisi cetakannya. Misalnya jika dicetak warna Biru kode 0879 edisi cetakan ke 20, itu harus sama dengan warna Biru 0879 edisi cetakan ke-19,ke-18 bahkan dengan edisi cetakan pertama kali.

2. Perlu ketahanan warna tinggi dan tidak mudah terdegradasi oleh kondisi lingkungan. Ini penting berhubung kamus warna adalah alat komunikasi jarak jauh. Jika seorang pembeli kain dari Eropa ingin membeli kain dengan warna Merah 7658 ke Indonesia mengacu pada kamus warna, maka warna Mewah 7658 di Eropa dengan Merah 7658 di Indonesia harus sama, jika tidak, maka kamus warna tersebut tidak bisa digunakan.

ilustrasi pantone color

Pantone, mengembangkan cara mengatasi 2 kendala diatas dengan menerapkan reproduksi warna yang terstandar dengan menggunakan tinta dan material dasar yang mampu bertahan dari perubahan pengaruh lingkungan. Sehingga, Pantone tidak hanya dikenal sebagai sebuah penghasil buku berisi kumpulan warna untuk peyelarasan warna (color matching) tetapi sebuah sistem penyelarasan warna (color matching system) karena tingkat kerumitan, ketelitian, dan akurasi yang dilakukan dalam menjaga kualitas warna yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan