DUALISME ISTILAH PEMINTALAN

ilustrasi benang

Pemintalan adalah istilah teknis dalam dunia tekstil dari kata pembuatan benang. Dalam bahasa asing pemintalan ini dikenal dengan istilah “spinning”. Kata spinning sendiri berasal dari asal kata spin yang berarti putaran atau puntiran, yang dibendakan dengan menambahkan akhiran -ing. Proses pembuatan benang sendiri yang paling utama adalah pemberian puntiran sehingga istilah spinning diambil sebagai generalisasi dari produksi pembuatan benang. Untuk itu di industry tekstil biasanya untuk bagian pembuatan benang dikenal sebagai departemen spinning atau departemen pemintalan.
ilustrasi serat tekstil

Namun, kata “pemintalan” dalam dunia tekstil tidak hanya digunakan untuk merujuk istilah teknis sebagai pembuatan benang saja tetapi juga, merujuk maksud pembuatan serat pula. Dalam bahasa asing pemintalan ini dikenal dengan istilah “fiber making”. Untuk itu, Pemintalan yang berarti proses pembuatan benang dibahasakan pemintalan benang (spinning) dan istilah pemintalan untuk proses pembuatan serat dibahasakan pemintalan serat (fiber making).

Walaupun menggunakan dua istilah “pemintalan” yang sama tetapi alur proses pembuatan benang dan proses pembuatan serat faktanya di lapangan jauh berbeda. Pemintalan benang atau spinning adalah proses membuat benang dari bahan baku serat baik itu yang berasal dari alam ataupun serat buatan. Sedangkan pemintalan serat adalah proses membuat serat tekstil dari bahan baku mentah misalnya chips polimer sehingga istilah pemintalan serat berlaku hanya untuk serat-serat yang dibuat oleh teknologi manusia.

Pabrik-pabrik tekstil di kita lebih banyak beroperasi di sektor pemintalan benang dan relatif lebih sedikit yang bergerak di sektor pemintalan serat. Alur proses pemintalan benang secara singkat adalah tahap pembersihan serat, pencampuran serat, penarikan dan pemberian puntiran sampai menjadi benang. Adapun alur proses pemintalan serat adalah bahan baku padat (baik yang berbentuk polimer chips atau kayu) diubah menjadi berbentuk cairan, selanjutnya pencetakan serat, lalu penarikan dan pemadatan serat, terakhir pemotongan serat apakah dikemas menjadi serat berukuran pendek atau panjang. Hasil produksi pemintalan benang dapat langsung dijual ke konsumen kecil misalnya toko-toko selain untuk mensuplay kebutuhan konsumen besar seperti pabrik-pabrik tekstil pembuatan kain (tenun atau rajuT), berbeda dengan industri pemintalan serat yang memproduksi bahan baku sehingga lebih untuk memenuhi pangsa konsumen industri.

Tinggalkan Balasan